KKN 43 Tematik Mandiri UTM Melakukan Pelatihan TIK Untuk Murid SMP


Demi Lancarnya Kelulusan, KKN 43 Tematik Mandiri UTM Melakukan Pelatihan TIK Untuk Murid SMP



Bangkalan – Sadar akan kurangnya pendidikan Teknologi, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 43 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Al-Asiyah, Dlemer, Arosbaya, Rabu Pagi (17/07/2019).
Pelatihan ini ditujukan kepada siswa-siswi kelas 9 YPS Al-Asiyah yang setelah ini akan melaksanakan ujian menuju kelulusan, karena kurikulum yang berbasis teknologi memungkinkan ujian menggunakan sistem CBT (Computer Base Test).
Tak hanya sekali, pelatihan TIK ini dilaksanakan sebanyak 4 kali yakni Rabu (15/7), Sabtu (20/7), Senin (22/7) dan Selasa (23/7). “Pelatihan TIK ini kita laksanakan 4 kali, Rabu, Sabtu, Senin, dan Selasa. Karena jika hanya sekali dirasa sangat kurang. Dan lagi pendidikan TIK di YPS Al-Asiyah ini kurang praktiknya.” Ujar Ananda, Pemateri Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
YPS Al-Asiyah merupakan satu-satunya Yayasan Pendidikan di Desa Dlemer, Arosbaya, Bangkalan. Yang didalamnya memiliki Pendidikan Formal, meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfan/Taman Kanak-Kanak (RA/TK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Serta Pendidikan Non Formal, meliputi Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dan Madin Ula/Wustho.
Di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya memiliki tiga kelas yang mana di masing-masing kelas terdapat kurang lebih 30 murid. Pelatihan TIK ini dibagi menjadi 2 kloter agar para siswa dapat fokus praktik dan tanggap dalam menangkap materi yang disampaikan.
“Sebelumnya memang ada materi tentang TIK tapi saya rasa kurang dalam praktiknya. Pelatihan ini cukup berguna untuk kita, jadi kita tidak hanya belajar hanya dari teori.” Pungkas Ardi, Siswa SMP Al-Asyiah. (put/s)

Dosen Pembimbing Lapangan Lilis Suaibah S.Ag., M.Pd.
Kuliah Kerja Nyata 43  Tematik Mandiri 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Plang Penunjuk Arah, Pembatas Desa, Slogan Kebersihan, dan Pengadaan Tong Sampah KKN 43 Tematik Mandiri UTM

PAMERAN DARING / DESEMINASI ONLINE

PAAMERAN DARING / DESEMINASI ONLINE