Sosial Ekonomi


Sosial Ekonomi 


Masyarakat Dlemer tergolong perekonomian menengah kebawah, dikarenakan penduduk desa Dlemer memiliki kehidupan sosial dan ekonomi yang sangat bergantung pada hasil pertanian, tenaga kerja diluar Negeri (TKI) dan peternak. Khususnya masyarakat di dusun Ronceh, mayoritas hanya sebagai petani dan jarang yang memiliki ternak sebagai penunjang perekonomian desa khususnya di dusun Ronceh. Selain itu, desa Dlemer tidak memiliki produk olahan dari hasil pertanian yang unggul dikarenakan kurangnya pemberdayaan sumber daya manusia dan informasi serta pelatihan mengenai pengolahan produk pertanian. Dan juga masyarakat daerah Dlemer lebih tertarik untuk bekerja diluar negeri dengan gaji yang cukup menjanjikan. Banyak remaja lulusan Sekolah Menengah Atas yang mengadu nasib ke luar negeri sebagai TKI ataupun Pelayaran untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik. Namun hal ini membuat berkurangnya jumlah remaja aktif di desa Dlemer serta non-aktifnya Karang Taruna desa Dlemer. 
Pendidikan
a. Sekolah Dasar/Sederajat (SD)

Desa Dlemer memiliki satu lembaga pendidikan negeri formal tingkat sekolah dasar yaitu SDN 1 Dlemer. SDN Dlemer 1 berada di dusun Dlemer. Meskipun dengan keadaan beberapa ruang kelas sedang direnovasi, namun tidak mengurangi kelancaran kegiatan belajar mengajar.
SDN Dlemer 1. 

b. Sekolah Menengah Pertama/Sederajat (SMP)
SMP AL ASIYAH adalah salah satu dari lembaga pendidikan swasta yang berada dibawah naungan yayasan AL ASIYAH yang memiliki beberapa jenjang pendidikan, diantaranya yaitu PAUD, TK, SMP, dan Madrasah. SMP AL ASIYAH memiliki 3 ruang kelas yang masing masing digunakan oleh siswa kelas satu sampai kelas tiga. 

c. TK dan PAUD
Desa Dlemer memiliki satu TK dan satu PAUD yang berada dalam naungan yayasan yang sama dengan SMP Dlemer yaitu yayasan AL ASIYAH. Saat ini, yayasan AL ASIYAH masih dalam tahap pembangunan ruang kelas baru dengan tujuan agar dapat menampung lebih banyak murid dari jenjang PAUD, TK, ataupun SMP.

d. Madrasah AL ASIYAH 

Selain jenjang pendidikan formal, desa Dlemer juga memiliki jenjang pendidikan non-formal yaitu Madrasah AL ASIYAH. Pendidikan Madrasah di desa Dlemer hampir menjadi kewajiban bagi anak anak di desa Dlemer maupun anak anak yang ada di sekitar desa Dlemer. 


 Kesehatan


 

Pada bidang kesehatan desa Dlemer terdapat 1 tempat Poli Kesehatan Desa (POLINDES). Polindes tersebut menempati satu bangunan dengan Bidan desa. Dengan adanya sarana kesehatan desa Dlemer, kesehatan warga dapat terpantau dengan baik. Hal ini juga didukung dengan sering diadakannya pelaksanaan pengecekan kesehatan rutin yang dilaksanakan di kediaman Kepala Desa. 



 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Plang Penunjuk Arah, Pembatas Desa, Slogan Kebersihan, dan Pengadaan Tong Sampah KKN 43 Tematik Mandiri UTM

PAMERAN DARING / DESEMINASI ONLINE

PAAMERAN DARING / DESEMINASI ONLINE