PAMERAN DARING / DESEMINASI ONLINE


Pamer, Produk Unggulan Desa Dlemer Karya Kelompok KKN 43 Tematik Mandiri UTM

 
 

Bangkalan – Dalam mengembangkan potensi unggulan desa, mahasiswa kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 43 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan pelatihan pembuatan bumbu pecel di Balai Desa Dlemer, Arosbaya, Sabtu (15/07/2019).
Potensi unggulan desa yang dimaksud adalah kacang tanah hasil panen warga desa sendiri yang rata-rata berprofesi sebagai petani. Karena banyaknya produksi kacang tanah tersebut, kelompok KKN 43 ber-inisiatif untuk menjadikannya suatu produk unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.
Bumbu pecel yang sudah siap saji ini dinamakan Pamer, singkatan dari Pecel Asli Dlemer. Pelatihan pembuatan bumbu pecel ini diperuntukan untuk seluruh warga desa Dlemer khususnya ibu rumah tangga. Antusiasme ibu-ibu sangat melonjak mengakibatkan balai desa Dlemer yang saat itu dijadikan tempat pelatihan menjadi sangat ramai.
Yang membuatnya unik, cara membuat Pamer ini menggunakan mesin penggiling dan oven yang diberikan khusus untuk warga Desa Dlemer oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM). “Mesin penggiling dan oven ini memudahkan ibu-ibu agar pembuatannya tidak memakan banyak tenaga, bisa memproduksi lebih dari sekilo, serta hasil yang didapat menjadi lebih renyah dibanding menggunakan alat manual.” Ujar Lilis Suaibah S.Ag., M.Pd., Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok KKN 43 yang ikut menjelaskan saat pelatihan.
Selain pelatihan cara membuat bumbu, ibu-ibu juga diberikan wawasan bagaimana cara mengemas yang menarik dan cara memasarkannya di media sosial. “pelatihan ini berguna sekali buat kita para ibu rumah tangga, apalagi saya baru mengenal pengemasan yang bagus dan cara penjualannya nanti.” Ujar Bu Romlah. (put/s)

Dosen Pembimbing Lapangan Lilis Suaibah S.Ag., M.Pd.
Kuliah Kerja Nyata 43  Tematik Mandiri 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Plang Penunjuk Arah, Pembatas Desa, Slogan Kebersihan, dan Pengadaan Tong Sampah KKN 43 Tematik Mandiri UTM

PAAMERAN DARING / DESEMINASI ONLINE